Study Case ( Print.NOW )/ UIUX Design Portfolio— Bahasa Indonesia

Arifkimok
3 min readFeb 25, 2020

--

Latar Belakang

Print.now adalah sebuah aplikasi yang saya harapkan ada saat ini. Bermula dari situasi dimana saya membutuhkan sebuah mesin printer. Seringkali saya harus bulak balik ke tempat print / fotocopy untuk melakukannya. Namun setelah berkali kali melakukan hal ini, saya mulai terpikirkan bahwa hal ini menghabiskan banyak waktu saya, apalagi kalo dokumen yang ingin dicetak gasampe 10 Lembar 🤣 Udah kadang ada aja yang salah dan akhir nya harus balik lagi.

Awalnya saya berfikir konsep ini berlebihan jika di implementasikan dikehidupan nyata, tapi akhirnya saya merasakan satu situasi yang dimana saya merasa Konsep dari aplikasi ini bisa membantu banyak orang dengan beberapa masalah yang ada.

Bagaimana Cara Kerja Print.NOW

Sama hal nya seperti pemesanan Makanan melalui aplikasi, Kita hanya perlu mengirim dokumen melalui aplikasi dan memberikan detil pesanan kita, Sampai akhirnya pesanan dokumen yang ingin di print selesai.

Kita bisa mengambil sendiri Pesanan print tadi dengan sendirinya ataupun melalui pihak lainnya seperti Gojek ( Gosend ) ataupun Grab ( Grab Express ).

Masalah yang mungkin dihadapi :

  • Proses Implementasi ini membutuhkan banyak Outlet untuk bisa terealisasikan.
  • Bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan jelas kepada pihak Operator percetakan? Agar file bisa dicetaksesuai keinginan User?
  • Bagaimana jika user ingin memesan tanpa perlu Pergi sama sekali?
  • Bagaimana jika user sudah memesan tapi tidak jadi melakukan transaksi atau ( Kabur tanpa sebab )
  • Kurang efektif rasanya jika hanya memiliki fitur print dokumen A4 biasa

Calon Kalangan Pengguna :

  • UMUM, dan berkemungkinan didominasi oleh Mahasiswa dan Pekerja dengan usia produktif.

Proses Pengumpulan Data

Ini adalah Aplikasi Harapan saya atau bisa dibilang I-Wish-It-Existed, Jadi dalam melakukan penelitian ini, saya memutuskan untuk berdiskusi bersama teman teman dan memikirkan tentang apakah aplikasi ini bisa benar bener berguna dan efektif sesuai dengan harapan.

Saya menemukan beberapa keuntungan dari aplikasi Print.NOW

  • Berguna untuk menghemat Waktu
  • Berguna untuk orang yang tidak tau daerah, Dengan aplikasi ini memungkinkan user tersebut menemukan Lokasi print.NOW berdasarkan titik lokasi dan maps
  • Berguna untuk perusahaan yang bergantung pada percetakan untuk kebutuhan Operasional ataupun Promosi. Dengan begini pihak perusahaan hanya perlu menunggu dan menerima pesanannya.

Usability Testing :

  • Berhubung ini hanya Projek Harapan atau bisa dibilang Fake Project, saya tidak melakukan Usability Testing pada proyek ini, selain keterbatasan waktu, saya juga masih terkendala masalah narasumber yang tepat😅

Penyelesaian Masalah :

  • Bekerja Sama dengan banyak Outlet Fotocopy dan Percetakan pinggir jalan, Dengan begini kita tidak perlu membuat Outlet sendiri
  • Memberikan Fitur chat untuk komunikasi user dengan Pihak Percetakan.
  • Bekerja sama dengan pihak ojek online sebagai pihak pengantar pesanan
  • Mengintegrasikan pembayaran digital pada aplikasi agar user bisa melakukan transaksi tanpa pergi sama sekali
  • User harus mensetujui pembayaran sebelum akhirnya pesanan diproses
  • Memperluas ruang kerja sama dengan Percetakan menengah keatas. Hal ini akan berguna bagi perusahaan yang ingin mencetak dokumen yang lebih besar dan spesifik dari sekedar dokumen a4 biasa. Seperti cetak kartu nama, Brosur, spanduk / Banner dll

Pemilihan Elemen Desain ( Warna & Logo )

Warna : Saya memutuskan menggunakan warna biru pada project ini karna biru terkesan dingin, Tenang dan damai.

Logo : Tidak ada alasan spesifik untuk logo, saya menggunakan Template untuk membuat Logo Print.NOW

Inspirasi :

Saya mulai research tentang aplikasi yang konsepnya serupa dengan aplikasi Print.NOW dan mengumpulkan desain desainnya sebagai referensi saya dan menseleksi beberapa elemen yang mungkin bisa saya terapkan pada desain saya.

Wireframe :

  • Skip ( Terkendala waktu lantaran masalah hidup yang lagi ribet-ribetnya 🤣 )

Keputusan Desain :

--

--